Minggu, 23 Januari 2011

Persamaan Magic dan Lingkungan

Effects :
Penonton dipilih secara acak dan kemudian ia diminta duduk. Setelah ia duduk, kita menempelkan sebuah amplop berisi prediksi di bagian sandaran kursi bagian belakang. Kemudian penonton memilih salah satu dari nama hewan yang disodorkan padanya. Dan secara ajaib, nama hewan yang ada di dalam amplop yang sedari tadi ditempelkan di sandaran kursi bagian belakang cocok dengan hewan pilihan penonton.

Persiapan :
Siapkan 10 buah amplop kecil yang telas ditulisi angka 1-10 dan siapkan pula 10 lembar kertas yang masing-masing terdapat nama – nama hewan seperti contoh berikut ini :
1. Gavial 6. Gagak
2 Merpati 7. Narwhal
3. Caiman Yacare 8. Kerbau
4. Domba /Biri-Biri 9. Gurame
5. Burung Dodo 10. Kakap
Kemudian masukkan nama – nama hewan berikut ke dalam nomor yang sesuai. Tulis lagi nama-nama hewan tersebut di selembar kertas yang nanti akan disodorkan pada penonton dengan posisi seperti yang telah dicontohkan.
Masukkan amplop-amplop kecil tersebut ke dalam berbagai saku dari jaket/pakaian bersaku banyak sebelum pertunjukkan dimulai. Hafalkan posisinya. Akan lebih baik jika amplop berangka ganjil kecil (1, 3, 5 ,7) di saku yang nmudah diraih. Sedangkan sisanya di bagian belakang. (satu saku hanya boleh diisi sebuah amplop kecuali angka yang tidak disebutkan di atas)
Atur posisi kursi yang akan diduduki penonton yang memilih menghadap kea rah penontn yang lain.

Pertunjukkan :
1. Ceritakan bahwa seni magic dan lingkungan memiliki sebuah persamaan. Apakah persamaan itu? Dengan trik ini, anda akan membuktikannya.

2. Pilih seorang penonton secara acak. Kemudian persilahkan ia duduk di kursi yang telah disediakan.

3. Ambil salah satu amplop yang berangka 1, 3, 5, atau 7 sebagai prediksi coba-coba. Lalu tunjukkan amplop tersebut pada penonton dengan bagian yang berangka menghadap ke anda. Katakan bahwa dalam amplop itu ada sebuah prediksi nama hewan yang akan dipilih penonton yang terpilih secara acak tersebut.



4. Tempelkan amplop tersebut di sandaran kursi bagian belakang. Kemudian pinta penonton yang maju tersebut untuk memilih salah satu dari 10 nama hewan yang berada pada kertas yang sudah anda siapkan.



5. Ketika sang penonton memilih, jangan sampai anda berdiri di belakang kursi tadi sebelum sang penonton yakin akan pilihannya. Hal itu akan mengakibatkan para penonton lain mengira anda akan menukar amplop tersebut.

6. Setelah yakin akan pilihannya, pinta penonton tersebut menyebutkan pilihannya. Misalnya ia memilih Narwhal, hewan yang berangka 7. Yakinkan ia sekali lagi agar tidak merubah pilihannya.

7. Setelah ia benar-benar mantap, segeralah anda berdiri di belakangnya.

8. Jika prediksi coba-coba anda benar, langsung ambil amplop tersebut dan buka secara perlahan agar terlihat dramatis.

9. Jika prediksi anda salah, berdirilah di belakang kursi penonton yang memilih tadi. Lalu alihkan perhatiannya dengan cara bercerita atau bertanya-tanya. Dengan perlahan, ambil amplop prediksi yang benar yang telah anda kantongi di saku anda dengan perlahan-lahan, ambil amplop prediksi yang salah dan ganti dengan yang benar. Jangan sampai tertukar!

10. Buka perlahan prediksi itu dan cocokkan dengan pilihan penonton. Ceritakan pula bahwa persamaan magic dengan lingkungan adalah harus terus kita lestarikan. Ceritakan pula bahwa beberapa nama hewan yang namanya tertulis di kertas yang disodorkan pada penontn adalah nama-nama hewan langka yang harus kita jaga. Sama seperti magic, harus kita lestarikan.

NB :
1. Trik ini lebih cocok dimainkan di hadapan orang banyak atau pada suatu acara
2. Gunakan pakaian yang bersaku banyak. Boleh pada pakaian, celana, atau jaket. Gunakan pula kursi yang bagian belakangnya memiliki sandaran
3. Jangan sampai terlihat membungkuk ketika menukar amplop. Posisikan pergelangan tangan tidak terlihat oleh penonton lain.
4. Bila lupa akan posisi amplop alihkan perhatian penonton dengan bercerita. Ketika itulah ambil satu persatu amplop dan lihat isinya dengan cara menunduk ke bawah pada waktu penonton benar-benar teralihkan perhatian.

Makna Permainan :
Anda semua pasti bertanya-tanya mengapa dari tadi saya selalu mengutamakan hewan yang berangka 1, 3, 5, dan 7. Tepatnya hewan-hewan itu bernama Gavial, Caiman Yacare, Burung Dodo, dan Narwhal. Sebenarnya, hewan-hewan itu adalah hewan yang hampir mengalami kepunahan. Terlebih lagi Burung Dodo benar-benar punah pada abad ke 18. Padahal burung ini hanya dapat ditemukann di Kepulauan Mauritius.
Sama seperti beberapa tahun lalu. Orang yang mempelajari seni Magic hampir tidak ada. Namun sekarang, hampir tak ada yang tidak mengenal magic/sulap. Oleh karena itu, mari kita tetap melestarikan seni magic Indonesia! Dan jangan lupa untuk senantiasa melestarikan hewan – hewan yang hampir punah!
Lalu mengapa namanama hewan langka tersebut hanya ditempel pada angka 1, 3, 5, dan 7? Menurut survey, kebanyakan orang akan memilih angka yang berangka ganjil seperti di atas.
Lagipula, nama-nama hewan langka yang berada di angka-angka tersebut berkesan asing. Tidak banyak orang kenal dengan nama-nama hewan tersebut. Hal ini sesuai dengan filsofi "manusia lebih menyukai sesuatu yang berbeda dari biasanya."
Lalu mengapa bila sudah jelas fakta-faktanya seperti itu, kita masih harus menyiapkan amplop bertuliskan angka selain angka 1, 3, 5, dan 7? Hal ini hanya untuk berjaga-jaga apabila nanti, penonton yang memilih tidak memilih angka 1, 3, 5, atau 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar