Sabtu, 15 Januari 2011

Deklarasi Kemerdekaan Amerika

Effects :
Anda bisa memprediksi kata yang dipilih oleh sang sukarelawan dari paragraf pertama Deklarasi Kemerdekaan Amerika

Persiapan :
Buat kertas berisi prediksi bertuliskan "GOD" dan masukkan ke dalam sebuah amplop tertutup

Prosedur :
1. Print dan tunjukkan Deklarasi Kemerdekaan Amerika paragraf pertama ini pada sang sukarelawan :

When in the Course of human Events, it becomes necessary for
one People to dissolve the Political Bands which have connected
them with another, and to assume, among the Powers of the Earth,
the separate and equal Station to which the Laws of Nature and of
Nature's God entitle them, a descent Respect to the Opinions of
Mankind requires that they should declare the causes which impel
them to the Separation.

2. Suruh sang sukarelawan memilih satu kata yang manapun, dari kata pertama hingga kata ke duapuluh (dari "When" hingga "have"),

3. Kemudian, minta sang sukarelawan menghitung jumlah huruf dari kata yang dipilihnya. Dan minta ia menuju ke kata sesuai jumlah huruf dari kata yang dipilihnya, dimulai dari kata setelah kata pilihannya. Misalkan sang sukarelawan memilih kata "human". Ada 5 huruf. Minta ia bergerak 5 kata ke kanan, dimulai dari satu kata setelah kata "human" (Events). Sang sukarelawan akan berhenti pada kata "one".

4. Minta lagi sang sukarelawan menghitung jumlah huruf dari kata yang dipilihnya, dan menuju ke kata selanjutnya, sesuai dengan jumlah huruf tersebut. Lakukan prosedur ini terus menerus sampai sang sukarelawan berhenti pada kata setelah baris keempat (setelah kata Laws of Nature and of....). Sang sukarelawan pasti akan berhenti pada kata "God".

5. Misalkan dalam contoh ini sang sukarelawan memilih kata "human", ada 5 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 5 kata setelah kata "human", dimulai dari kata setelah kata "human" ("Events"). Sang sukarelawan akan berhenti di kata "one". "One" ada 3 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 3 kata setelah kata "one". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "dissolve". "Dissolve" ada 8 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 8 kata setelah kata "dissolve". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "with". "With" ada 4 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 4 kata setelah kata "with". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "assume". "Assume" ada 6 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 6 kata setelah kata "assume". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "Earth". "Earth" ada 5 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 5 kata setelah kata "Earth". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "Station". "Station" ada 7 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 7 kata setelah kata "Station". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "and". "and" ada 3 huruf, artinya, sang sukarelawan harus bergerak ke 3 kata setelah kata "and". Sang sukarelawan akan berhenti di kata "God".

6. Ingatkan sang sukarelawan bahwa ia memilih sendiri kata pertama hingga ke duapuluh, tanpa rekayasa.
Suruh sang sukarelawan menyebutkan kata tempat ia berhenti setelah baris keempat, dan buka prediksi anda, pasti sama (God)!

7. Makna permainan : Apapun pilihan anda dalam hidup ini, semuanya akan berpulang pada kehendak Sang Pencipta. Anda berusaha, dan Tuhan yang menentukan.

Tips : Perhatikan baik-baik poin no.3, karena langkah yang harus ditempuh pada poin ini sedikit berbeda dari langkah-langkah selanjutnya (n+1). Di poin ini, sang sukarelawan bergerak sesuai jumlah huruf pada kata yang dipilihnya, DIMULAI DARI SATU KATA SETELAH KATA PILIHANNYA. Setelah itu, baru sang sukarelawan bergerak sesuai jumlah huruf DIMULAI DARI KATA TEMPAT IA BERHENTI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar